Update Corona : Bertambah Satu Kasus, Total 15 PDP di Minut

MINUT, sulutexpress.com – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah satu kasus lagi di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), sehingga jumlah kumulatif PDP menjadi 15 orang.

Hal ini sesuai update data Corona Virus Disease (Covid-19) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), Selasa (28/4/2020) sampai Pukul 16.00 WITA.

Kepada Wartawan Sulutexpress.com, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, membenarkan adanya laporan ketambahan satu PDP tersebut.

“Benar ada ketambahan 1 PDP, dia laki-laki usia 50-an tahun asal Jawa Timur (Jatim) tapi tinggal di Kecamatan Likupang Timur (Liktim), kemungkinan dia karyawan Perusahaan, dia ada komplikasi penyakit penyerta dan memiliki riwayat perjalanan dari Jatim, dia dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) ditingkatkan jadi PDP dan sebelumnya dia berada di rumah singgah, pasien ini sekarang dirawat di RS Maria Walanda Maramis, Sarongsong Airmadidi,” jelas dr James Sompotan, Selasa (28/4/2020), sembari menambahkan dengan ditetapkan dia PDP maka berkurang 1 ODP sekarang jadi 1 orang.

Sompotan juga menerangkan bahwa ada kekeliruan data yang disampaikan pihak Pemprov Sulut mengenai pengurangan dua PDP di Kabupaten Minut, Senin (27/4/2020) kemarin sore.

“Setelah kita konversi ulang data jumlah PDP itu ternyata tetap 14 orang, ditambah 1 PDP hari ini maka total PDP di Minut sekarang berjumlah 15 orang, jadi kemarin itu ada kesalahan dan kekhilafan dari pihak Provinsi, sehingga kedua PDP meninggal dunia yang sudah kita keluarkan dari data kemarin itu harus dimasukkan lagi, artinya kedua PDP ini tetap masuk data Dinkes Minut dan tidak ada pengurangan PDP,” jelas Sompotan.

Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan Mkes

Selain itu, tambah dia, pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri 67 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 12 orang,

“ODP 1 orang, PDP 15 orang, Selesai Pemantauan 921 orang, PDP meninggal dunia 6 orang, Konfirmasi Positif 2 orang, konfirmasi positif meninggal dunia 1 orang, sembuh tidak ada,” terang Sompotan.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau dr James sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

(Egen)

 759 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *