Peningkatan Ketahanan Pangan Harus Ditunjang Irigasi dan Peran P3A

MINUT, sulutexpress.com – Dalam mendukung peningkatan ketahanan pangan maka harus ditunjang dengan irigasi yang baik dan peran kelembagaan seperti kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Atas : Kadis PUPR Kabupaten Minut Boby Najoan SH dan Kabid SDA Markus N Pangkerego

Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Bobby Najoan SH, melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA), Markus N Pangkerego, saat ditemui wartawan Sulutexpress.com, Kamis (6/8/2020), di kantornya.

“Dalam mendukung ketahanan pangan Nasional, harus ditunjang dengan irigasi yang baik bersama kelembagaan seperti kelompok P3A, kelembagaan pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) dapat didefinisikan sebagai sistem norma yang mengatur hubungan individu/kelompok masyarakat maka itu harus ada P3A,” jelas Pangkerego, usai mengikuti Webinar Peningkatan Peran Kelembagaan Pengelolaan Sumber Daya Air dan Irigasi Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional dari Kemendagri RI, Selasa (28/7/2020) lalu.

Dilanjutkannya, kelembagaan ini untuk mengelolah SDA, sehingga bagaimana di daerah itu merencanakan ada dokumen-dokumen yang bisa disharing untuk mengkayakan dalam rangka pengelolaan SDA yang diatur untuk tahun 2021 misalnya di Permendagri Nomor 40 Tahun 2020 tentang pedoman penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah.

“Sehingga ada yang mengatur di lapangan, itupun di tingkat Kabupaten harus membentuk Komisi Irigasi sehingga ini dibutuhkan kekompakkan instansi terkait yang ada di Pemkab Minut, sebab dengan adanya ini maka akan diatur pola tanam dan lain sebagainya sehingga pelaksanaan proyek bisa diketahui karena untuk saat ini belum teratur, seperti petani mau tanam-tanam sehingga dalam pelaksanaan proyek kadang kala sulit, karena pada saat pengeringan mereka tanam nah ini yang perlu diatur, pengaturannya juga harus disesuaikan dengan kebiasaan petani, intinya ini untuk peningkatan ketahanan pangan ditunjang dengan irigasi yang baik bersama P3A, jadi ini akan dilakukan di seluruh daerah irigasi di Minut,” kuncinya.

Diketahui narasumber Webinar tersebut Dirjen Bina Bangda Kemendagri, Dirjen SDA, Direktur Pengairan dan Irigasi Bappenas. moderator adalah Staff Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Peserta Dinas PU SDA Provinsi/Kabupaten/Kota, Ketua SDA Provinsi/Kabupaten/Kota, Ketua Tim TKPSDA Provinsi/Kabupaten/Kota, Ketua Komir Provinsi/Kabupaten/Kota, Ketua GP3A/IP3A Provinsi/Kabupaten/Kota.

(Egen)

 14,950 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *