Disdalduk-KB Minut Konsisten Cegah Pandemi Covid-19

MINUT, sulutexpress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk-KB) konsisten mencegah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Hal ini dalam mendukung instruksi Bupati Minut DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) yang terus berupaya dalam memutus mata rantai penyebaran penularan virus corona di wilayahnya.

Menurut Kepala Disdalduk-KB, Sem Tirayoh, pihaknya wajib melaksanakan arahan Bupati VAP dan Pemerintah Pusat dalam rangka mengantisipasi pencegahan penyebaran dan memutus mata rantai penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

“Seperti yang kita lakukan saat ini adalah penerapan social distancing dan physical distancing, dalam bertugas kita selalu pakai masker, rajin cuci tangan sehingga kita sudah sediakan bak air dan sabun untuk cuci tangan di kantor Disdalduk-KB,” pungkas Kadis Sem Tirayoh, kepada Wartawan Sulutexpress.com, Kamis (23/4/2020) di kantornya.


Kepala Disdalduk-KB Minut Sem Tirayoh Bersama Kabid dan Staf Kantor

Selain itu Tirayoh menerangkan, saat melaksanakan kegiatan-kegiatan atau tugas turun lapangan, Dinasnya tetap menjaga jarak, selalu memakai masker, bahkan selesai tugas wajib cuci tangan.

“Pun kalau kita berada di ruangan tertentu tetap jaga jarak, tidak lebih dari lima atau empat orang di dalam ruangan dan harus jaga jarak tidak boleh berdekatan. Saya rasa inilah upaya-upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Tirayoh.

“Kita juga mengikuti Surat Edaran ibu Bupati VAP mengenai Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah, dimana yang melaksanakan WFH ini adalah para staf yang ada, Tenaga Harian Lepas (THL), dan Eselon IV. Untuk Eselon II termasuk Kabid dan Eselon III itu tetap masuk kantor dan piket tetap ada, jadi semua yang menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, Disdalduk-KB maksimal melakukan itu,” lanjutnya.

Diungkapkannya, pihaknya juga secara pribadi telah memberikan bantuan masker kepada tetangga-tetangga sesuai domisilinya masing-masing.

“Saya dan para Kabid secara pribadi membagikan masker tersebut kepada tetangga-tetangga sesuai domisili kita masing-masing, sebab memang diakui tidak ada anggaran untuk Covid-19 di Dinas kami, tapi untuk pencegahan Covid-19 itu sama seperti yang saya katakan tadi, dimana kita sudah mempersiapkannya yaitu bak air dan sabun cuci tangan di kantor, kita juga telah melakukan sterilisasi seperti penyemprotan disinfektan di kantor Disdalduk-KB Minut,” ucap Tirayoh.

Tirayoh menambahkan, pekan lalu pihaknya juga telah melakukan sosialisasi-sosialisasi turun langsung ke Desa dalam rangka mengingatkan masyarakat pentingnya pencegahan pandemi Covid-19.

“Kita selalu mengingatkan masyarakat agar jangan anggap enteng virus corona tersebut, sebab ini merupakan hal yang serius dan tidak main-main, sehingga mereka harus mengikuti imbauan Pemerintah Pusat dan Pemkab Minut dibawah kepemimpinan ibu Bupati VAP dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, itu yang selalu kita gaung-gaungkan ke masyarakat, jadi bukan untuk membuat masyarakat panik tapi ini dilakukan agar mereka bisa tingkatkan kewaspadaan, sebab ancaman virus corona ini hal yang serius,” kuncinya.

(Egen)

 566 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *