Tambah Satu, Total PDP Meninggal di Minut Jadi Lima

MINUT, sulutexpress.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengkonfirmasi jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia bertambah satu sehingga secara kumulatif PDP meninggal dari sebelumnya empat menjadi lima orang.

Terbaru, PDP perempuan Usia 40 Tahun asal Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat, meninggal, Kamis (23/4/2020) sekira Pukul 06.00 WITA pagi ini di RSUP Prof Kandou Malalayang, Manado.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, kepada Wartawan Sulutexpress.com, Kamis (23/4/2020), di ruang kerjanya.

“Iya benar PDP meninggal dunia dari 4 bertambah menjadi 5 orang, sehingga PDP dari sebelumnya 9 menjadi 10 orang di Minut, jadi posisi sekarang 5 PDP sudah meninggal, 5 PDP sementara dirawat antara lain 4 PDP dirawat di RS Walanda Maramis, Sarongsong, Airmadidi, Minut, dan 1 dirawat di RS Siloam Manado,” aku dr James Sompotan.


Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly MKes

Dijelaskannya jenazah PDP ini sementara dimakamkan siang ini, di pekuburan umum Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat, Minut, sesuai Prosedur Tetap (Protap) Covid 19, APD sudah disediakan Pemkab Minut melalui Dinkes.

“Dia itu memiliki penyakit penyerta atau komplikasi penyakit, dia ditetapkan PDP oleh pihak Rumah Sakit, jadi saya jelaskan disini bahwa komplikasi penyakit itu semisal ginjal ditambah juga ada paru-paru, ketika pasien didapati pihak RS ada penyakit paru-paru di tengah wabah virus Corona ini maka dia langsung ditetapkan PDP, setelah dia meninggal wajib dilakukan pemakaman sesuai Protap Covid-19, padahal belum tentu dia positif corona,” jelas Sompotan.

“PDP ini adalah pasien umum yang berobat di RSUP Kandou, sebelumnya dia dirawat di RS Walanda Maramis, kemudian dirujuk di RSUP Kandou, SWAB test masih sementara menunggu karena kasus ini terbilang mendadak dan dia juga baru meninggal dunia, sebelumnya dia tidak tercatat dalam data Dinkes MInut,” sambungnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau dr James sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

(Egen)

 603 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *