Proyek Palapa Ring Tengah Hubungkan 17 Kota/Kabupaten di 5 Provinsi

MANADO, sulutexpress.com-Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menghadiri buka bersama umat muslim Manado di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, Jumat (25/05/2018) sore.

Rudiantara optimistis,  semua konstruksi Palapa Ring Paket Tengah akan selesai pada September tahun ini dan dioperasikan tahun depan.

Palapa Ring Paket Tengah adalah bagian dari Proyek Palapa Ring yang merupakan salah satu upaya Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mewujudkan Nawacita ke-3.

Proyek Pala Ring ini terdiri dari 3 paket yakni Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

bisa diselesaikan pada September tahun ini sehingga mampu dioperasikan pada tahun depan.

“Konstruksi Palapa Ring Paket Tengah ditargetkan selesai September 2018, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” tandasnya.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar) berupa pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia yang dibangun oleh Operator Telekomunikasi dan sebagian dibangun oleh Pemerintah.

Adapun proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menghubungkan 17 kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.

Jika Palapa Ring selesai, lanjut Rudiantara, semua kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan jaringan tulang punggung serat optik. Dengan demikian, layanan yang ada di Jawa dan daerah lain tidak memiliki gap yang besar.

“Nantinya jaringan broadband telekomunikasi dapat menjangkau ke wilayah-wilayah tersebut,” bebernya.

Di tempat yang sama, Gubernur Olly Dondokambey menyatakan optimis dengan proyek Palapa Ring Paket Tengah nantinya masyarakat Sulut bakal menikmati kualitas jaringan internet yang lebih baik dengan adanya akses broadband.

“Nantinya tidak ada lagi jaringan internet yang terputus sehingga semua masyarakat bisa menggunakan internet dengan optimal,” katanya.

Lanjut Gubernur Olly, kualitas jaringan internet yang optimal itu ditunjang dengan pemasangan kabel optik bawah laut. “Kabel optik Palapa Ring Paket Tengah di Sulawesi Utara dipasang mulai dari Mokupa, Siau hingga Melonguane dan daerah lainnya,” bebernya. (RFJS)

 658 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *